Sunday 30 November 2014

Belajar animasi?



Saya menulis karena ingat teman saya ada yang bertanya.

"Kapan mulai belajar animasi Flash?"

Waktu masih kuliah S1 masih ingat dan terasa sekali bagaimana rasanya menjadi mahasiswa yang membutuhkan sumber belajar online. Yah, tepatnya di tahun 2004. Saat itu sangat terasa sekali, bagaimana rasanya ketika memiliki komputer pertama kali dengan spesifikasi AMD Athlon 1.6 GHz, RAM 256, Harddisk 80 GB dengan perjuangan orang tua dan harus menggadaikan sepetak sawah. Harga komputer saat itu bagi saya merupakan barang mewah, maklum waktu itu dalam keadaan ekonomi yang pas-pasan dan serba-serbi polemik kehidupan. Sebagai orang awam, saat itu benar-benar senang rasanya bisa menghidupkan komputer dan mematikan komputer dan menjalankan aplikasi multimedia, terutama mendengarkan musik dan menonton film.

Namun, tak berhenti di situ. Saat teman sekelas ada yang bisa menjalankan powerpoint dengan animasi yang bagus, saat itulah saya terheran-heran. Kok bisa sebagus itu ya....bagaimana bisa? Apa tidak sulit ya membuatnya..???

Akhirnya, di tahun 2005 mulailah belajar powerpoint, dan setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan powerpoint, ternyata mudah sekali. Namun seiring waktu, kebetulan ada tugas matakuliah praktik komputer pemrograman Turbo Pascal yang saat itu bikin pusing kepala, ternyata bisa juga membuat animasi dengan Turbo Pascal yang berbasis teks dan sangat tidak user friendly bagi saya yang masih awam saat itu. Kemudian mulai lah belajar Animasi Flash MX 2004 (animasi 2 dimensi) serta 3D Max (animasi 3 Dimensi).



Karena software dari tahun ke tahun selalu mengalami update, baik hardware maupun software. Maka dengan alasan ekonomi, saya tidak mampu mengikuti perkembangan hardware, terutama program 3D yang membutuhkan hardware dengan spesifikasinya tinggi dan harganya juga tinggi. Maka belajar animasi menjadi berkurang dan lebih suka otak-atik hardware.

Dari instal ulang, partisi harddisk (low level format), kena virus, maintenance, bongkar pasang PC dan sebagainya. Saat itulah, sering dapat panggilan dari teman-teman untuk memperbaiki komputer-komputer yang rusak. Walaupun sering tidak dibayar atau gratis dan mengorbankan waktu dan tenaga serta pikiran, namun demi teman-teman yang saat itu mengalami kesulitan, begitu ada panggilan langsung Go.....

Namanya juga mahasiswa dan anak kos, paling suka dengan hal-hal yang murah atau gratis. Kadang begitu selesai membantu memperbaiki komputer yang rusak, biasanya cukup di balas dengan ucapan terima kasih saja. Namun ada juga teman yang pengertian, memberikan makan dan sebungkus rokok. Yah, lumayan....

Waduh, kenapa jadi bertele-tele ya. Oke langsung saja to the point. Intinya, mulai tahun 2006 mulai serius untuk belajar Flash. dan di tahun 2007, benar-benar merasakan perjuangan berat untuk belajar Flash. Masih ingat sekali, 1 jam Rp 5000 untuk akses internet di warnet, maka itu adalah hal yang berat bagi saya untuk membayarnya. Sebab, bagi saya tidak cukup 1 jam kalau membuka PC, paling tidak 3 s.d 5 jam tiap hari. Maka saya habiskan belajar di perpustakaan kampus, dengan melahap buku-buku yang berbau animasi.

Namun sekarang akses internet semakin terjangkau. Bisa belajar apa saja lewat Google.Sangat beda rasanya dulu dengan sekarang.

Dan inilah beberapa tampilan animasi flash (dari situs orangedan.net) yang memotivasi dan menginspirasi untuk terus belajar Flash:
(silakan klik gambar untuk menuju ke situs tersebut)

Versi 1
http://orangedan.net/v7/

Versi 2
http://orangedan.net/v2/v2.shtml

Versi 3
http://orangedan.net/v3/

Versi 4
http://orangedan.net/v4/

Versi 5
http://orangedan.net/v5/

Versi 6
http://orangedan.net/v6/main.php

Versi 7
http://orangedan.net/v7/


Dulu, dengan komputer "seadanya", orang bisa menghasilkan karya luar biasa, khususnya programer.
Sekarang, dengan komputer canggih, orang cenderung menikmati karya luar biasa itu.

Singkat cerita, sampai sekarang masih belajar animasi Flash. Dan saat ini saya menjadi orang biasa saja, namun punya impian yang luar biasa.

sekian dan terima kasih
wassalam

0 comments:

Post a Comment