Tuesday 7 July 2015

Konsep Animasi dalam Adobe Flash

Jika kita akan membuat sebuah animasi dengan Flash, baik Macromedia Flash atau Adobe Flash, ada beberapa konsep utama yang harus diperhatikan, yaitu:
  1. Animasi Frame by frame
  2. Animasi Motion Tween
  3. Animasi Shape Tween
Gerakan animasi dalam flash akan menarik, dan halus atau tidaknya sebuah gerakan dipengaruhi oleh kecepatan frame (frame rate) yang biasanya bertuliskan 12 fps pada macromedia flash dan 24 fps pada adobe flash. Apa maksudnya? Analoginya begini, jika kita naik sepeda motor dengan kecepatan 100 km/jam maka dapat dikatakan bahwa kita dapat menempuh perjalanan sejauh 100 km dengan waktu yang dibutuhkan selama 1 jam atau sebaliknya  dalam waktu 1 jam kita dapat menempuh perjalanan sejauh 100 km. Sehingga dalam flash maksud dari 12 fps (frame per second) adalah dalam 1 detik gerakan animasi yang dibutuhkan sejauh 12 frame. atau rentang gerakan frame sebanyak 12 frame menghasilkan durasi selama 1 detik. Jadi lamanya durasi animasi ditentukan oleh banyaknya frame yang digunakan. jika kita menggunakan frame rate 12fps, maka kita dapat membuat animasi selama 1 menit akan membutuhkan frame sebanyak 12 x 60 detik = 720 frame. Bayangkan jika kita membuat animasi selama 3 jam, kira-kira berapa frame yang dibutuhkan?


Antara frame rate 12 fps dengan 24 fps tentu akan berbeda kualitas gerakan animasinya. Kualitas frame rate 24 fps tentu akan lebih bagus dan lebih halus gerakannya. apalagi jika kita ubah dengan 30 fps tentu akan lebh halus lagi. Contohnya, jika kita akan membuat animasi sebuah bola yang jatuh dari atas ke bawah kemudian terpental ke atas, akan lebih rasional ketika gerakannya halus dan lembut ketika menggunakan 24 fps dari pada 12 fps dengan jumlah frame yang sama.

kembali ke konsep animasi di atas, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika kita membuat animasi yaitu:

Frame by frame
Pada animasi frame by frame kita dapat memasukkan obyek berupa teks, gambar, symbol (terutama berupa graphic), dan obyek lain yang berupa shape. Intinya, obyek apa saja dapat dimasukkan ke dalam stage pada masin-masing frame.
Pada animasi frame by frame, kita dapat melihat animasi obyek ketika gerakan frame satu ke frame yang lain beriisi obyek yang berbeda-beda.



Shape Tween
Shape tween merupakan animasi perubahan bentuk, dari bentuk shape satu ke bentuk shape yang lain. Pada animasi shape tween, syarat utama yang harus dipenuhi jika obyek berupa SHAPE, jika tidak berupa shape maka harus diubah menjadi shape dengan cara seleksi obyek tersebut dan lakukan Break A Part (atau tekan CTRL+B).



Motion Tween
Motion tween merupakan gerakan animasi yang mengalami perubahan gerakan, ukuran, posisi obyek dan tampilan. Pada motion tween tidak terjadi perubahan bentuk obyek. Adapun syarat yang harus dipenuhi ketika kita membuat animasi motion tween adalah obyek dapat berupa symbol (baik berupa button, graphic atau movie clip), gambar dan teks pada adobe flash dapat dilakukan denga classic tween. namun akan lebih baik kalau kita membuat animasi dengan motion tween menggunakasn symbol yang berupa movie clip. Jika obyek masih berupa SHAPE maka harus diubah menjadi symbol dengan cara seleksi obyek tersebut dan klik kanan pilih convert to symbol (atau tekan F8)


0 comments:

Post a Comment