Sunday 23 August 2015

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan software media pembelajaran

Bagi para guru maupun dosen, tentunya menjadi hal yang wajib untuk dilaksanakan dalam membuat sebuah bahan ajar maupun media pembelajaran. Inovasi dalam menyampaikan materi sangat penting dan dituntut untuk selalu dihadirkan dalam pembelajaran.

Sekarang, Internet tidak sesulit dan semahal jaman dahulu. dimana untuk mengakses internet bisa mencapai Rp 6000 per jam. Dan warnet saat ini telah menjamur di berbagai penjuru kota. Lalu apa hubungan antara internet dengan pembelajaran? Jelas sekali erat kaitannya, pembelajaran saat ini hampir dikatakan telah mengandalkan bantuan ICT dan internet. Informasi dapat diperoleh dengan deras sekali melalui internet. Bahkan bahan banyak para blogger ataupun instansi pemerintah mendukung pengadaan konten pendidikan.

Bagi guru atau dosen ketika membuat atau mengembangkan sebuah media pembelajaran atau konten pendidikan yang menggunakan software tertentu perlu memperhatikan hal-hal berikut seperti yang dikatakan oleh Alessi dan Trollip, yaitu:

  • Introduction of the program/ Pengenalan program
Dalam membuat software media pembelajaran harus memuat sebuah halaman perkenalan program atau informasi suatu program yang terdiri dari tiga faktor yaitu adanya Halaman judul (Title page), Pengarahan atau petunjuk (direction), dan identitas pengguna atau sasaran pengguna media tersebut siapa (user identification)
  • Learner control/ Kontrol penggunaan program bagi pengguna
Pengguna sedapat mungkin dapat dengan mudah untuk mengkontrol program. Gunakan mouse jika memungkinkan. Gunakan juga keyboard supaya pengguna lebih ahli dalam mengendalikan program. Gunakan juga tombol untuk pengendalian program secara umum. Gunakan juga menu dalam mengendalikan program secara umum. Kontrol program haruslah jelas dan mudah untuk digunakan. Perubahan kursor ataupun tombol rollover perlu digunakan untuk mengkonfirmasi aksi pengontrolan program. Posisi tombol dan penampakannya haruslah konsisten. Sesuaikan desain kontrol program dengan pengguna dan konten nya.
  • Presentation of information/ Sajian materi atau informasi
Hal yang sangat penting dalam menyusun materi atau informasi adalah selalu konsisten. Sedapat mungkin dapat dilengkapi dan diperkuat dengan teks, suara, dan video. Penggunaan teks haruslah jelas, bersih, disusun dengan rapi, dan sesuaikan dengan tingkatan pembaca. Gunakan gambar dan video untuk informasi yang penting. Video hendaknya berdurasi pendek dan mudah di kontrol. Gunakn percakapan atau narator untuk memberikan perhatian yang lebih dan memberikan arahan yang jelas. Pemberian warna juga perlu dilakukan untuk secara konsisten. Penggunaan warna yang bagus adalah warna yang kontras antara background/ warna latar  dengan foreground/ obyek di atas warna latar seperti teks.
  • Providing help/ Ketersediaan bantuan
Dalam menyajikan sebuah media pembelajaran perlu memberikan fitur bantuan. fitur bantuan hendaknya menyajikan prosedur penggunaan dalam menyediakan bantuan yang rentan dialami oleh pengguna. Usahakan selalu menyediakan tombol bantuan jika memang perlu diberikan bantuan. Akan lebih baik lagi seandaina diberi petunjuk manual programnya.
  • Ending a program/ Akhir menutup program
Ketika menutup program media pembelajaran maka perlu diberikan pernyataan menghentikan program secara permanen atau sementara. misalnya tombol keluar menuju ke tombol pernyataan apakah yakin ingin keluar dari program ini atau tidak. Sebaiknya selalu memberikan proses berhenti sementara yang bisa kembali ke menu sebelumnya ketika menekan tombol berhenti. Berikan credit atau catatan atau pesan terakhir saat program media pembelajaran ditutup.

Nah, dari beberapa point di atas saya rasa sangat penting sekali kita dapat membuat sebuah media pembelajaran dengan prosedur yang benar seperti di atas. Sehingga program yang dirancang akan menarik, tepat guna, jelas dan memberikan banyak manfaat bagi pengguna.

Selamat merancang media pembelajaran.

contoh tampilan media pembelajaran yang pernah saya buat
Atau contoh media pembelajaran dapat anda lihat pada video berikut ini:
Mohon maaf jika masih banyak kekurangan pada media pembelajaran berikut;


0 comments:

Post a Comment