Monday 10 August 2015

Meyambut kemerdekaan Republik Indonesia ke 70

Tak terasa kita telah memasuki bulan Agustus 2015. Di tengah kesibukan setelah ujian semester, kita rehatkan sejenak untuk menghormati kemerdekaan Republik Indonesia. Lantas apa yang perlu kita lakukan?

Sebenarnya banyak hal positif yang dilakukan, salah satunya dari hal yang paling kecil yaitu memasang bendera merah putih di depan rumah. 

Apakah anda sudah memasang bendera merah putih???

Mungkin terdengar sepele, namun apakah anda sudah tahu bahwa Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama.

Penggunaan bendera merah putih pun di atur dalam UUD '45 pasal 35, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 40 tahun 1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia dan UU No 24/2009.

Ulang tahun kemerdekaan RI ke 70 saat ini mengusung logo angka 70 berbentuk kepala garuda di angka 7 dan sayap di angka 0 berwarna merah dengan dengan tulisan Indonesia Merdeka dan di bagian bawah bertuliskan Ayo Bekerja. Makna filosofi yang sangat mendalam. 



  1. Dominasi warna merah dan putih, sesuai dengan bendera Republik Indonesia
  2. Angka 70 memberikan pesan adanya pencapaian yang besar di balik 70 tahun usia Indonesia, 
  3. Angka 70 menyerupai kepala burung garuda yakni lambang negara Indonesia. Angka 7 dan 0 dengan bulu kepala (jambul) dengan empat dan lima helai bulu melambangkan tahun kemerdekaan RI
  4. Angka 70 dilingkari lingkaran berwarna merah. Lingkaran tersebut dibuat sesuai arahan Presiden Jokowi maksudnya  semangat kerja tanpa batas dan tidak pernah berhenti melandasi filosofi Ayo Kerja, terus berkobar hingga 70 tahun mimpi dan harapan Indonesia Raya terwujud.
  5. Tagline Ayo Kerja itu sendiri, menjadi ajakan bersama kepada pemangku negeri dan rakyat untuk bersama-sama bekerja keras mewujudkan mimpi dan harapan cita-cita kemerdekaan. dan di luar dari lingkaran ‘simbol semangat kerja’, tertulis ‘Indonesia Merdeka’ dan ‘Ayo Kerja’.

0 comments:

Post a Comment